Atas Nama Ukhuwwah: Studi Komparasi Empat Mazhab dalam Islam

         Islam sebagai agama yang paripurna syamil wa mutakammil, agama dengan kesatuan kesempurnaan  ide pemikiran yang mencakup berbagai bidang kajian, menjadi penting untuk mampu menjawab semua permasalahan yang terjadi di dalam ranah ummatnya. Permasalahan dengan titik solusi yang terbaik dan mampu ditawarkan untuk semua kalangan tanpa terkecuali.
        Perubahan alur sejarah dan kondisi kualitas keilmuan serta keimanan ummat Islam dari zaman kenabian  hingga dengan zaman sekarang telah membawa Islam sebagai entitas keagamaan bergerak progresif di atas berbagai konflik yang terjadi di dalamnya. Salah satu diantaranya ialah adanya problematika ummat dalam wilayah pandangan dan penghargaan akan perbedaan penerapan mazhab-mazhab.
     Kita ketahui bersama bahwasanya secara kehujjahan, Islam mengakui adanya empat mazhab yang berlaku. Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali merupakan empat dari padanya. Perlu adanya pelurusan pemahaman bahwasanya permasalahan yang terjadi pada tataran mazhab dalam Islam hanya sebatas perbedaan pandangan pada ranah furu’iyyah (cabang) yang dilandaskan oleh perbedaan iklim ilmu pengetahuan, kondisi lingkungan, cara menafsirkan, dan dorongan perbedaan kebutuhan pada masing-masing mazhab.
       Akar sejarah perbedaan pemikiran dan sampai sekarang masih dijadikan ide justifikasi toleransi bagi tiap mazhab adalah ketika adanya perbedaan pendapat di kalangan sahabat dalam menerapkan ketentuan dari Rasulullah. Ketika kondisi yang terdesak dibenturkan kepada sifat kepatuhan dan keyakinan kepada Rasulullah sebagai Nabi yang terpercaya. Hal inilah yang menjadi landasan historis adanya perbedaan dalam tiap mazhab.


        Persoalan ini selayakanya kita sikapi dengan cara yang tepat nan bijakasana. Rasulullah sebagai teladan yang mulia pun menempatkan perbedaan dalam ranah ini sebagai hal yang wajar terjadi dan bukan merupakan permasalahan besar ummat Islam. Dimana pintu ijtihad terus terbuka dan keilmuan serta kondisi lingkungan semakin memengaruhi suatu kebijakan atau fatwa maka pastilah perbedaan akan terus ada di tubuh ummat Islam.
        Kebijaksanaan dalam menyikapi hal ini dapat kita implementasikan dengan cara saling menghargai dan menghormati, merajut kembali tali ukhuwwah islamiyyah, serta menjauhi segala sikap yang mengarah kepada fanatisme semu yang akan berujung pada sifat penolakan kebenaran dan etnosentrisme dalam beragama. Mazhab bukanlah agama. Maka tempatkanlah ini pada tempatnya. Menjadi seorang insan yang robbani adalah ketika mampu menempatkan persoalan pada tempatnya dan mencari titik penyelesaian terbaik.
        KAMMI sebagai wadah pergerakan kemahasiswaan di bawah naungan panji Islam bertumpah darah tanah air Indonesia, dituntut untuk memiliki visi ke depan dalam penyelesaian setiap problematika yang terjadi di Indonesia khususnya masyarakat muslim Indonesia. Menjadi perekat dan soluter terbaik yang akan berdiri di tengah menyambung ke atas dan mengait yang bawah sehingga perpaduan dan keharmonisan dalam kehidupan akan  terus terjaga.
       Mazhab sebagai jalan atau metode dalam memahami Islam pada akhirnya dirasa penting untuk terus menjadi arah terbaik ummat. Arah terbaik untuk tetap pada koridor yang benar dalam menerapkan dan memperjuangkan prinsip dakwah. Perbedaan adalah rahmat, maka bukan masanya lagi kita sekarang mempermasalahkan perbedaan. Sekarang adalah waktunya untuk bersama-bersama membangun narasi persamaan dalam satu tujuan visi kemenangan Islam.


                                                                                        Rakhmat Abril Kholis
                                                                                        Wakil Ketua KAMMI MedSos UIN Jakarta

                                                                                        Researcher of CIDES
                                                                                        Co-Founder Indonesia Madani
Buat lebih berguna, kongsi:
close
CLOSE [X]