USA President Election dan Manufer Politik AS



         USA President Election kini menjadi satu diantara berbagai topik penting pembicaraan internasional. Mengapa tidak. Perhelatan akbar di kancah politik tiap empat tahun di Amerika Serikat ini meyajikan sebuah seni perpolitikan yang sangat menarik bagi tiap mata pemerhati isu internasional. Kata demi kata dan statement langsung yang dilontarkan para aktor politik pemenangan pemilu maupun oleh kandidat secara langsung diteliti dan menjadi sebuah pernyataan tindakan visi kedepan dan tentunya arah manufer politik Amerika Serikat selanjutnya.  

        USA President Election 2012 adalah pemilihan umum presiden yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat pada Selasa, 6 November 2012 nanti. Pemilihan umum (pemilu) ini akan menjadi pemilihan umum presiden empat tahunan ke-57 di Amerika Serikat, dan secara resmi akan memilih presiden dan wakil presiden pada tanggal 17 Desember 2012. Presiden AS saat ini, Barack Obama, akan bersaing untuk yang kedua dan terakhir kalinya dalam pemilu ini. Rival utama Obama adalah mantan gubernur Massachusetts dari Partai Republik, Mitt Romney. Kedua kandidiat ini bersaing untuk merebutkan sebuah tahta kekuasaan tertinggi di kancah perpolitikan Amerika Serikat.
   Kebijakan politik Amerika Serikat lewat terpilihnya satu diantara dua kandidat ini  akan berpengaruh  kepada hubungan bilateral tiap negara, terutama sekutu terdekatnya seperti Perancis dan Inggris. Kepemimpinan  partai republik maupun demokrat dalam  pemerintahan  Amerika Serikat akan  membawa perubahan  kebijakan luar negeri, arah keputusan akan konflik internasional  terutama di timur tengah, dan pertumbuhan perekonomian dunia secara general. Oleh karena itu, USA President Election patut menjadi perhatian besar para petinggi dunia.

                 Perjalanan politik kepresidenan Amerika Serikat bermula dari pengesahan negara ini oleh badan konstitusinya sebagai negara demokrasi representatif tahun 1787. Sejak itulah permulaan pemilihan umum presiden maupun pemilihan bukan presiden berlangsung. Sejarah-sejarah pemilihan petinggi kepresidenan ini berlangsung sedemikian rupa hingga akhirnya sampai kepada suatu pemilihan yang bisa disebut sebagai pemilihan yang paling modern dan paling menyita perhatian dunia. Pemilihan tahun 2004 dengan tokohnya George W. Bush dan 2008 dengan tokoh sentral yang sangat mengejutkan, dialah Barack Obama.
                 Marilah dengan adanya momentum USA President Election ini, masyarakat dunia dapat lebih reaktif,  memetik pelajaran berharga, dan menjadikan ini sebuah penilitian yang menarik untuk diamati . Pelajaran berharga bahwa inilah bentuk pemilihan yang dinyatakan sebagai pemilihan yang paling demokratis dan paling jelas visinya. Penelitian menarik karena berganti atau tetapnya hasil pemilu presiden ini, maka dari itu pula masyarakat internasional bisa menebak bagaimana arah kebijakan politik AS terhadap masalah dan isu internasional. Sehingga dari itu, dunia internasional dapat siap dan tangguh atas perubahan yang terjadi.

  
                                                                                             Rakhmat Abril Kholis/HI
Buat lebih berguna, kongsi:
close
CLOSE [X]