“Skill Camp” Pelatihan Kepenulisan, Fotografi, dan Design

       Ciputat- Minggu, 11 Mei 2014, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) MedSos UIN Jakarta bersama Forum Pena Bergoyang (FPB) mengadakan agenda menarik demi merangsang kemampuan Menulis, Fotografi, dan Design yang bertemakan “Skill Camp”. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan juga beberapa anggota baru Forum Pena Bergoyang (FPB) UIN Jakarta.
 

     “Agenda ini diharapkan mampu membuka cakrawala pengetahuan kita, mengasah kemampuan, dan memunculkan potensi yang positif dari masing-masing mahasiswa. Selamat menikmati training ini dan semoga dapat memberikan hal yang bermanfaat bagi kita semua.” ungkap Rakhmat Abril Kholis ketua KAMMI MedSos UIN Jakarta.   
         

     Kegiatan diawali dengan prakata yang disampaikan oleh saudara Aris Munandar dari FPB dan dilajutkan dengan pembukaan oleh saudara Haerudin Fauzi (Kepala Departemen Kebijakan Publik KAMMI MedSos UIN Jakarta). Selanjutnya peserta digiring untuk mengikuti pelatihan kepenulisan artikel yang dipandu oleh Kak Ghufron Hidayat dari Forum Lingkar Pena (FLP). “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah berkerja untuk keabadian.” (Promoedya Ananta Toer). Kutipan pembuka pada pelatihan kepenulisan yang menjadi pemantik semangat bagi seluruh peserta “Skill Camp” pada pagi hari ini.  
   Pada penyampaiannya, pemandu pelatihan menyampaikan esensi pentingnya menulis bagi setiap mahasiswa. Baik artikel, novel, dan lain sebagainya. Selanjutnya pemandu menjelaskan tentang syarat dalam penulisan artikel, langkah penulisan, tema yang akan diangkat, dan tips-tips agar media tidak bisa menolak tulisan kita. Peserta menyimak dengan begitu antusias dan beberapa pertanyaan pun terlontar pada pelatihan ini.
      Setelah rehat untuk sholat dan makan siang, peserta diinstruksikan untuk langsung mencoba menuangkan potensi menulisnya lewat selembar kertas. Menulis artikel dengan tema bebas dan diberi waktu 20 menit. Tampak wajah-wajah tegang dan ada juga yang santai sembari menggoreskan tinta penanya di atas secarik kertas.
     Agenda pada kesempatan kali ini adalah atas inisiasi dan program kerja dari Departemen Kebijakan Publik KAMMI MedSos UIN Jakarta dan bekerjasama dengan Forum Pena Bergoyang (FPB) UIN Jakarta. Kegiatan kali ini juga sebagai agenda lanjutan dari pelatihan kepenulisan rutin di FPB sendiri. Diharapkan agenda ini akan terus digencarkan demi menunjang kemampuan softskill dari mahasiswa.
      Setelah melewati pelatihan kepenulisan, tiba saatnya peserta dibawa untuk mengikuti pelatihan Design yang dipandu oleh Kak Didik E dan dilanjutkan dengan pelatihan Fotografi oleh Kak Syafiq Muhammad dan Elisha Prima Agustin. Kedua agenda mendapatkan perhatian yang baik dari seluruh peserta.
      Menulis, mendesign, fotografi, ataupun yang lainnya merupakan bentuk dari kemampuan unik yang harus terus diasah. Seperti kata pepetah “lancar kaji bila diulang”, kemampuan ini haruslah mendapatkan perhatian yang intensif dari para pegiatnya. Terus dipelajari dan diterapkan sehingga bukan hanya menjadi apresiasi pribadi melainkan mampu bermanfaat bagi khalayak luas. (red: RAK)


Buat lebih berguna, kongsi:
close
CLOSE [X]